Rabu, 27 Agustus 2014

Pengertian, Penbagian dan Tujuan dari Moksa

Moksa



Rangkuman Materi

Salah satu keyakinan dasar agama Hindu adalah Moksa. Moksa atau bersatunya kembali atma dengan Paramatman merupakan tujuan tertinggi dan terakhir bagi umat Hindu. Moksa berarti kelepaasan atau kebebasan, bebas dari ikatan duniawi, bebas dari reinkarnasi. Moksa berarti pula tercapainya ketenangan dan kebahagiaan spiritual yang kekal abadi (suka tan pewali duka).

Dalam ajaran Hindu dikenal ada beberapa tingkatan moksa yaitu : 

1. Berdasarkan keadaan atma dalam hubungannya dengan Tuhan, maka moksa dibagi menjadi  (empat) tingkatan yaitu : Samipya, Sarupya (Sadharnya), Salokya (karma mukti), dan Sayujya (Purna Mukti). 
2. Sedangkan berdasarkan atas kebebasan yang dicapai oleh atma, maka moksa dibagi menjadi 3 (tiga) tingkatan yaitu : Moksa, Adi Moksa dan Parama Moksa. 

Untuk mencapai moksa ada 4 (empat) jalan/cara yang disebut dengan Catur Marga Yoga yaitu :
1. Bhakti Marga Yoga
2. Karma Marga Yoga
3. Jnana Marga Yoga
4. Raja Marga Yoga
Dimana di dalam pelaksanaan Catur Marga Yoga ini antara yang satu dengan yang lainnya tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling melengkapi. Di antara keempat jalan/cara tersebut diatas semuanya baik dan utama, hanya tiap-tiap jalan meletakkan dasar dan cara-cara tersendiri yang nantinya dapat diikuti oleh masing-masing umat sesuai dengan kepribadiaa, watak, kesanggupan dan bakat masing-masing.

Tujuan hidup tertinggi itu bisa tercapai apabila dilakukan dengan penuh keyakinan, ketekunan dengan ketulus ikhlasan, keteguhan iman dan tanpa pamrih. Di dalam upaya mencapai Moksa sudah tentu ada hal-hal yang menghambat untuk mencapai tujuan tersebut seperti; unsur awidya atau kegelapan jiwa sehingga muncul perilaku-perilaku yang bertentangan dengan ajaran agama dharma. Untuk menghindari diri dari jurang kesengsaraan atau kegelapan kita hendaknya selalu dapat instropeksi diri (mulat sarira) dengan melaksanakan ajaran Astangga Yoga yaitu : Yama, Nyama, Asana, Pranayama, Pratyahara, Dharana, Dhyana, dan Samadhi.

Moksa sebagai tujuan spiritual bukanlah merupakan suatu janji yang hampa melainkan suatu keyakinan yang tinggi bagi setiap orang yang beriman dan merupakan suatu pendidikan rohani untuk meningkatkan kwalitas hidup dan kehidupan manusia atas dasar kebenaran, kebajikan dan pengorbanan


Mungkin sekian dulu catatan saya tentang ajaran agama hindu.. sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata kata Motivasi

Kata-kata Motivasi : Teruslah melangkah selagi kamu masih bisa berdiri dan jangan biarkan mereka menghentikan langkahmu..!! by:wiranata.